Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Selamat Datang di Toko Buku Best Seller, Selamat Berbelanja!
Beranda » Artikel Terbaru » MENULIS ITU CUMAN 1 PARAGRAF AJA!

MENULIS ITU CUMAN 1 PARAGRAF AJA!

Diposting pada 23 Juli 2018 oleh owner

Dulu waktu kuliah saya sering grogi kalau pas ujian…..lihat teman2 yang sok banget minta kertas folio lagi. Bagaimana nggak grogi cobak? Wong saya satu lembar folio aja belum penuh….hhehhee. Terkadang ada rasa gondok, lah…mereka itu jawab soal apa NGARANG sih??

Saya yakin itu bukan karena saya nggak bisa jawab soal ujian…..karena saya yakin banget bisa, namun kayaknya lebih disebabkan gaya penulisan saya yang lambat. Akhirnya saya punΒ banyak tanya ke temen2 yang sok tadi….wkkwkkk.
Soalnya terus terang nilai mereka bikin ngiri saya….

Dari jawaban-jawaban mereka saya dapat kesimpulan yang akan jadi materi postingan saya ini. Bahwa untuk soal-soal yang butuh uraian panjang mereka selalu menulis dulu satu paragraf baik sebagai pengantar, ringkasan jawaban, atau pemancing jawaban selanjutnya. Meski mereka nggak bisa jawab, dan dirasa sulit soalnya….mereka selalu menjawab dengan satu paragraf itu dulu dan kemudian ditinggal. Dan lucu bin ajaibnya……begitu balik ke soal itu lagi mereka seperti mampu menjawab soal yang dirasa sulit tadi.

Nah, demikian pula menulis. Menulis itu seperti menjawab soal yang sulit bagi penulis: APA YANG MAU SAYA TULIS? Lemes deh kita kalau udah gitu. Kita pun bukan berkali-kali gagal aja menulis, tetapi BERJUTA_JUTA kali gagal menulis. Cobalah pakai cara temen2 sok saya…..tulis aja sembarangan 1 paragraf saja. Dan bukan ajaib sebenarnya lo…..tapi Anda sudah memunculkan makhluk ajaib bernama PARAGRAF. Dan si paragraf ini akan ngajak teman2nya, atau beranak pinak banyak banget.

Jadi 1 paragraf pun coba Anda pantengin dulu, atau ditinggal dulu kalau Anda masih tegang! Trus tulis lagi satu paragraf…..dan percaya saya, ketika paragraf kedua ini yambung dengan paragraf 1 maka terjadilah penambahan atau bahkan perkalian yang menyebabkan rentetan paragraf lain muncul begitu saja. Kayak makhuk alien yang makin banyak dan banyak, membludak. Makanya saya sering NGERI kalau nulis malem-malem…..seperti malam ini pas malem gerhana bulan gini….soalnya trus nggak bisa tidur……bisa SAMPEK PAGI . ..rasanya paragraf-paragraf itu bermunculan terus dari tangan saya….beranak pinak TAK MAU BERHENTI. Oh….dan kalau sudah menghantui kayak gini maka saya pun berteriak keras: “TOLOOONNG!!!!” Untung, istri saya langsung keluar dan menarik tangan saya mesra, “Ayo, mas!!” (Maaf efek gerhana bulan, bro!). Dan tulisan ini pun baru siang ini juga saya posting……dan itu gara-gara 1 paragraf tadi. Paham???? Halaahh…..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜œ

Penulis:
Sulis Mono

Bagikan informasi tentang MENULIS ITU CUMAN 1 PARAGRAF AJA! kepada teman atau kerabat Anda.

MENULIS ITU CUMAN 1 PARAGRAF AJA! | jualbukubestseller.com

Belum ada komentar untuk MENULIS ITU CUMAN 1 PARAGRAF AJA!

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 25%
Rp 90.000 Rp 120.000
Ready Stock / BM-5

MIRIS!!!
Tahun 2016, UNESCO menyebut jika minat baca masyarakat Indonesia berada di angka 0,001%. Artinya, dari seribu orang, hanya satu di antaranya yang memiliki kebiasaan membaca. Benar-benar memprihatinkan.

Tak heran bila dalam sebuah survey, Indonesia ditempatkan pada urutan ke-60 dari 61 negara di dunia dalam hal membaca.

SIDEBAR